Inilah Berapa Burung Terkecil Dan Terimut Di Dunia



Burung menjadi salah-satu fauna yang paling indah dan luar biasa, apalagi yang ukurannya mungil nancute. Mereka mempunyai bulu yang berwarna-warni, cuitan alias kicauan yang khas, pola terbang yang tak sama-beda, dsb. Sangatlah menggemaskan!

Selain oleh penampilannya, kami juga dibangun terlihat oleh suara yang mereka timbulkan. Kesannya rileks sekaligus ceria. Lalu apa saja burung paling kecil dan terimut yang ada di dunia kita ini? Kami bahas top 10-nya, ya.


Burung Kolibri lebah


Inilah burung terkecil di dunia, yang mempunyai panjang kurang lebih 5 cm dan beratnya sebesar 1,5 hingga 2 gram. Yang betina biasanya mempunyai ukuran yang lebih besar ketimbang yang jantan. Bulu tahap atasnya berwarna hijau kebiruan, sementara tahap bawahnya berwarna abu pucat. Kalau yang jantan dihiasi bulu biru di tahap atasnya, dan putih keabuan di tahap bawahnya. Burung ini dikenal dengan sebutan Bee Hummingbird bila di luar negeri, uniknya burung paling kecil di dunia ini jugaBisa terbang mundur.

Setiap harinya, mereka telah terbiasa mampir ke 1200 hingga 1500-an bunga. Aksi mereka sangat berpengaruh kepada kegiatan transfer serbuk sari. Mereka menghuni kawasan Kuba, cocok di kurang lebihan hutan pantainya. Asupan mutlak mereka merupakan nektar. Tetapi mereka juga doyan bakal serangga-serangga kecil.

Burung Weebill


Ukuran panjangnya juga hanya 8-9 cm menjadikan weebill sebagai burung terkecil di Australia saat ini. Mereka nasib di seluruh hutan Australia. Biasanya mereka membentuk temanan kecil, danBisa tinggal selagi setahunan di area yang sama. Sebelum musim kawin, mereka telah mempersiapkan seperti kubah yang terbuat dari tanaman, bulu, dan rerumputan.

Sebagaimana namanya, burung ini mempunyai paruh pucat yang singkat dan berisi. Bentuk paruhnya itu memungkinkan mereka untuk melahap serangga yang sangat kecil. Ada pun bulu mereka berwarna cokelat muda, sementara tahap bawahnya berwarna kekuning-kuningan.

Burung Pardalote


Salah-satu burung paling kecil di Australia ini hanya berkapasitas 8-12 cm. Kami mungkin bakal susah membedakan mana jantan dan mana betina, karena ukuran mereka nyaris sama. Mereka mempunyai ekor yang tebal, gemuk, dan pendek. Sayap hitam mereka dihiasi dengan bercak putih. Ad interim  tahap kepala dan punggung bawah tertutup oleh bulunya yang berwarna hijau zaitun. Mereka tersebar di berbagai negeri, terutama di kawasan hutan eukaliptus alias pepohonan yang tak jarang dijumpai di kawasan Australia, Indonesia, Papua Nugini, dan Filipina.

Burung Cici Merah


India dan Australia pun menjadi rumah bagi burung keci dan mungil ini. Spot yang paling mereka bahagiai yaitu di lahan basah, daerah sub-pesisir, dan lahan pertanian. Ukuran mereka hanya kurang lebih 10 cm, dan beratnya 10 gr. Orang barat menyebut burung ini Gold Headed Cisticola sedangkan di Indonesia populer dengan nama Cici Merah.

Burung jantan mempunyai warna emas dibagian dada, leher, dan kepalanya. Kalau warna bulunya berubah cerah, itu menandakan musim kawin. Ad interim  yang betina berwarna cokelat tua di tahap atas, dan warna creamy di bawahnya. Sebelum datang musim kawin, mereka biasanya mempersiapkan sarang dari rerumputan, dedaunan, dan jaring laba-laba, dan membentuknya seapik mungkin. Untuk makanannya sendiri, mereka bahagia melahap biji dan serangga.

Burung Goldcrest


Di Irlandia, Burung goldcrest ini tercatat sebagai burung terkecil, lantaran ukurannya itu hanya 9 cm. Namanya sendiri diambil dari mahkota alias tahap kepala mereka yang berwarna kuning cerah menyerupai emas. Di sisi-sisinya ada warna hitam tebal yang terus menguatkan karakternya. Tubuhnya berwarna hijau zaitun, dan kesan kuning pucat di ada tahap bawahnya. Ad interim  itu, paruh unik mereka begitu tipis dan kecil.

Di kawasan Eropa sendiri, burung ini mempunyai julukan khusus sebagai ‘king of birds’ alias sang raja burung. Sedikit tak sama dengan yang jantan, yang betinanya berwarna kuning murni. Tetapi mereka sama-sama tinggal di kebun alias hutan yang luas. Ketika bersiul, suara mereka cenderung tinggi dan seperti mempunyai nada tertentu.

Burung Brown Gerygone


Ini dirinya satu dari sekian burung passerine alias burung pengicau paling kecil di dunia. Paling mentok mereka bakal tumbuh hingga 8-10 cm saja.Termin  atas mereka berwarna kelabu zaitun, sementara tahap bawahnya mempunyai warna creamy.

Brown Gerygone tergolong burung yang bahagia membentuk kelompok kecil, kurang lebih 3 hingga 4 burung. Untuk menjumpainya, kamiBisa mampir ke kawasan hutan hujan dan daerah pesisir Australia. Tetapi mereka lebih bahagia menghabiskan waktu di puncak pohon, karena mereka suka memburu serangga yang terbang.

Goldfinch Amerika


Sang burung migratory alias penggembala ini datang dari New Jersey, Lowa, dan Washington. Berat tubuh mereka hanya 11-20 gr, dan panjangnya sendiri kurang lebih 11-14 cem. Apabila tengah mengepakkan sayap bersama rombongannya, ukurannyaBisa mencapai 19-22 cm. Mayoritas dari burung ini mempunyai warna kepala alias dahi yang hitam, skor dan sayapnya juga hitam, sementara tubuhnya berwarna kuning cerah. Tetapi yang betina mempunyai warna agak kusan dibanding yang jantan.

Grup burung ini biasa bermigrasi dari perbatasan Kanada ke Meksiko dan Amerika, terutama selagi musim dingin. BegituDatang musim kawin, mereka berpindah lagi ke kawasan Carolina Utara yang ada Amerika Serikat. Kondisi yang tak sama menciptakan pola siulan yang tak sama juga.

Burung Bananaquit


Engkau  mesti mengunjungi kawasan Amerika tengah dan selatan dulu untuk menemui si kecil nan warna-warni ini. Mereka tersebar di kurang lebihan hutan tropis. Sedikitnya ada 41 subspesies dari bananaquit di seluruh dunia. Ukuran mereka bervariasi, antara 10 hingga 13 cm.Karakteristik  khas mereka yaitu mempunyai bulu berwarna hitam keabu-abuan di tahap atas, dan warna kuning cerah di tahap bawahnya.

Paruhnya tajam dan melengkung, sangatlah manjur ketika dipakai untuk menyeruput nektar dari aneka bunga. Karakter burung ini lumayan aktif, jadi mereka bakal tak jarang terbang dari bunga satu ke bunga lainnya.Nir  hanya nektar, mereka juga gemar mengonsumsi buah-buahan.

Burung Tropical Parula


Si imut yang mempunyai ukuran sepanjang 11 cm iniBisa ditemukan di Texas dan Meksiko selatan.Termin  atas burung berwarna kebiru-biruan, dan tahap bawahnya itu kuning cerah. Ketika membentangkan sayap,Bisa kalian lihat warnanya yang putih.

Di bumi ini, ada 14 subspesies parula tropis yang dibedakan berdasarkan ukuran dan warnanya. Ukurannya sendiri antara 11 hingga 15 cm. Mereka biasa mengonsumsi serangga, buah-buahan, dan laba-laba.

.
.

Sekian terimakasih dari kami
Kunjungi juga artikel kami yang lain ya yang ada di bawah ini

                                                                  ↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓

                                                                 KELIK DI SINI



0 Comments

Posting Komentar